16 Maret 2010

Badai Matahari 2012-2015


Emm,,,beberapa hari yang lalu,,,ketika saya menonton acara berita di TV yang di siarkan salah satu stasiun swasta,,,saiia dengar bakalan ada badai matahari tuh antara taun 2012 mpe taun 2015,,,
Wah,,,baru denger sih badai matahari,,tapi katanya badai matahari pernah terjadi pada taun 2003-2005 yang lalu.

Maksud dari badai matahari atau solar storm adalah fenomena alam yang terjadi pada matahari ketika terlemparnya proton dan elektron akibat aktifitas magnetik matahari . Akibat aktifitas magnetik tersebut, gelombang magnetik yang mengarah ke bumi menghalangi sinyal-sinyal komunikasi. Oleh karena itu seluruh alat komunikasi yang menggunakan sinyal elektromagnetik tidak bisa berfungsi dengan baik.

Bahkan Fenomena ini juga sangat berpengaruh pada pembangkit listrik jika terus dinyalakan pada saat badai berlangsung karena medan magnet bumi yang tidak stabil. Jika pembangkit listrik tersebut rusak maka dibutuhkan waktu sekira 2 tahun untuk membangunnya kembali. Hal ini memaksa masyarakat untuk kembali hidup tanpa listrik hingga pembangkit listrik baru selesai dibangun. Menurut wikipedia, hal ini pernah terjadi di Quebec pada 13 maret 1989 dimana 6 juta orang hidup tanpa listrik selama 9 jam. Padahal puncak ledakan solar storm jika mengenai bumi bisa mencapai lebih dari 2 hari.
wallahu alam bi shawab,,,semoga di selamatkan,,,amin.
Reference :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar