26 November 2012

Energi Alternatif

Assalamu'alaikum , ,
Haaaaiiiiii sobat bumi semuaaa ^.^

posting kali ini bertemakan energi.

Hmm,, bercerita tentang energi, di bumi kita ini, menyimpan banyak sekali sumber energi. Sepakat kaannn ???
Jutaan bahkan miliaran potensi sumber daya alam banyak terkandung di perut bumi Indonesia. Salah satunya adalah energi fosil.

Apa itu Energi Fosil ????

Energi fosil adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, karena proses pembetukannya itu memerlukan waktu jutaan tahun atau bahkan lebih. Sedangkan cadangan di alam habis jauh lebih cepat dari proses pembetukannya. 
Dalam kehidupan sehari-hari, hampir semua kebutuhan energi yang kita gunakan diperoleh dari konversi energi fosil, misalnya bahan bakar pada kendaraan yang kita gunakan, gas untuk memasak, serta pembangkit listrik yang menerangi rumah kita.

Sumber Energi Fosil

Sobat bumi tau ? Apa saja yang menjadi sumber energi fosil ?
  • Minyak Bumi
Minyak bumi diproses dengan cara diekstrak dari sumur yang dibuat dengan mengebor kulit bumi. Di kilang minyak, minyak bumi dipisahkan menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, solar dan minyak tanah. 
  • Batu Bara
Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang diperoleh dari penambangan bawah tanah. Batu bara terutama digunakan dalam pembangkit listrik, dimana batu bara dibakar dan panas yang dihasilkan digunakan untuk membuat uap yang menggerakkan turbin. 
  • Gas Alam
Gas alam diproduksi dari sumur minyak atau sumur gas. Untuk pemanfaatannya, gas alam dialirkan melalui pipa dari sumur menuju lokasi pemanfaatannya. Selain itu gas alam dapat dicairkan dan dikirim ke tempat tujuan dengan kapal yang memuat tangki gas alam cair. Gas alam terutama digunakan sebagai bahan bakar turbin gas untuk pembangkit listrik. Selain itu, gas alam dimanfaatkan sebagai bahan baku industri petrokimia, misalnya pabrik pupuk. Untuk keperluan rumah tangga, gas alam dipakai untuk memasak. 

Minyak bumi, batu bara dan gas alam dikatakan sebagai sumber energi fosil karena pada dasarnya mereka memang fosil. Energi fosil atau disebut juga bahan bakar fosil terbentuk lewat proses alamiah berupa pembusukan dari organisme yang mati ratusan juta tahun yang lalu. Dinosaurus, pepohonan, dan hampir semua makhluk hidup yang mati, terendapkan di tanah.

Dan ketiganya merupakan sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui karena perlu jutaan tahun untuk terbentuk, dan sumber yang ada lebih cepat habis ketimbang terbentuk yang baru.

Dampak bagi Lingkungan Sekitar dan Keterbatasan Energi Fosil


Semakin bertambahnya populasi manusia, dan juga semakin meningkatnya perkembangan teknologi, maka jumlah kebutuhan akan energi fosil pun semakin meningkat. Sedangkan cadangan energi fosil yang masih tersedia semakin menipis dan diperkirakan akan habis 18 tahun kemudian.

Selain itu, disadari atau pun tidak,penggunaan energi fosil secara terus menerus akan mengakibatkan dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan makhluk hidup. Contohnya, sisa pembakaran dari BBM. Hal tersebut dikarenakan bahan bakar fosil mengandung presentase karbon yang tinggi. Jika gas karbon terlepas ke udara maka akan bersenyawa dengan oksigen dan memang bentuk gas karbondioksida yang dapat meningkatkan radiasi dan memberikan kontribusi pada pemanasan global, sehingga memnyebabkan rata-rata suhu permukaan bumi meningkat.

Maka dari itu, diperlukan energi alternatif sebagai energi yang dapat menggantikan energi fosil tersebut. Nah, energi alternatif haruslah ramah lingkungan, dan tidak membahayakan kesehatan, dan juga haruslah sesuatu yang mudah didapat, ekonomis dan tidak pernah habis.

Apa saja yang Bisa digunakan Sebagai Energi Alternatif ?

Sebenarnya semuanya masih berasal dari alam. 
Air. air yang mengalir dapat digunakan sebagai penggerak turbin untuk menghasilkan energi listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Angin. curah angin yang banyak dan tidak terbatas dapat menghasilkan energi yang dapat digunakan sebagai penggerak kincir-kincir dan tubin angin yang disambungkan ke generator untuk membangkitkan energi listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Angin).

Matahari. Salah satu kekayaan alam yang tak akan pernah habis. Energi panas yang dihasilkan oleh sang surya dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dengan menggunakan sel surya (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

Kotoran Hewan. Banyaknya peternakan-peternakan hewan, selain daging, telur ataupun susu yang dimanfaatkan, ternyata kotoran-kotoran hewan ternak pun dapat dimanfaatkan sebagai biogas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar.

Gelombang Air Laut. Hamparan laut yang luas, dengan gelombang air laut (ombak) yang cukup banyak dapat dimanfaat untuk menggerakkan turbin untuk menghasilkan tenaga listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Ombak).

Biji Jarak. yang dapat diolah dan dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Dan dengan ditunjang oleh perkembangan teknologi dan kreatifitas manusia, maka semakin banyak energi alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti energi konvensional tersebut. Diantaranya limbah tahu, biji kemiri dan lain sebagainya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar